Monday, September 22, 2008

Anak Betawi















"Ini kisah tentang aku...yang cintanya kandas slalu...
wahai kau para pencinta...dengar laguku..."
marvels (kisahku)

It's all about love. Definitely, it's true. A world is just like a heart in a large universe. The lives in it live in sprinkling love. From the beginning until the end of the world, love is just all around. Imagine, how could the world be without love? Empty. Yes, empty. So, don't be empty while you're living in this world. But remember, a love of a man is a temporary, but a love of Allah is an immortality. So, be the lovers of Allah!


Berubah topik nih.
Nih diye ada anak betawi nyasar di pulo Kalimantan. Kata orang sih keluar kandang namanye. Maklum, anak betawi terkenal jadi tukang jaga wilayah sendiri. Jaga endog (telur) bahasa Jawanye. Tapi, aye nggak tuh. Aye jadi satu di antara anak betawi yang nggak jaga endog. Aye merantau jauh nyebrang pulo Jawa ke satu di antara pulo terbesar di Indonesia, pulo Kalimantan, tepatnya di Pontianak. Mungkin banyak anak Jakarta, khususnya anak Betawi yang tinggal di Ponti (Pontianak). Make itu, aye pengen banget kenal ma anak betawi laennye yang senasib ama aye. Brasa senasib seperjuangan gitu karena aye gak punya sodara sekampung di Ponti. Sedih juga aye sendirian. Padahal aye punya nenek, tapi jauh banget. Nenek ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Nasib...nasib!

Oh, iye. Tadinye emang aye sendirian. Tapi sekarang aye dah punya temen-temen yang udah kayak sodara sendiri. Selain temen kantor, aye juga deket banget ama temen-temen di kos. Mereka saling mendukung karena sama-sama anak dari luar Kalimantan.



Lumayan dah 2 taun tinggal di Ponti. Biar dah lama, proses adaptasi masih berjalan. Masih bingung ama budayanye. Tapi, alhamdulillah, selama ini kagak ade masalah. So far so good gitu, katanya. Masyarakatnya welcome banget ama pendateng. Mereka dah biasa begitu karna emang Ponti dihuni oleh bermacam-macam suku dari seluruh Indonesia, ya hampir mirip Jakarta gitu dah. Lama-lama, mungkin, malah ngelebihin Jakarta, kalee.


Ini kali pertama aye merantau. Biarpun nggak dari nol, tapi masih ngalamin rasa susah juga di awal aye dateng di mari. Gaji masih kecil sedangkan aye biasa dapet gaji gede waktu kerja di Jakarta, susah banget nyesuaiin kebiasaan atawa aktifitas aye yang suka jalan dan singgah dari satu perpus ke perpus yg laen, dari satu temen ke temen laen, dari satu kampus ke kampus laen, dari satu pameran buku ke pameran buku laen, dari satu hiburan ke hiburan laen di Jakarta. Jadi, buat ngembangin diri sekaligus hiburan, batesannya cuma internet ame Toko Buku Gramedia, di satu-satunya mal di Kalbar.


Di Ponti kite harus punya kendaraan, minimal sepeda atawa motor. Kasusnye, aye nggak punya motor. Kendaraan umum pun jarang karna setiap orang di mari punya motor atawa mobil. Berat banget! Aye jadi gak bisa kemane-mane. Mo pergi ke kantor aja jalan kaki, tiap hari, pergi pulang sepanjang 1 kilometer. Beda banget ame Jakarta yang punya berbagai macem fasilitas. Kendaraan umum tersedia di mane aje. Mo kemane aje pasti nyampe.


Aye kangen ame aktifitas dulu. Aye kangen ame orang-orang yang biase aye ketemu. Kangen ame temen-temen yang biasa ngumpul dan cerita pengalaman mereka masing-masing. Kangen ame Perpustakaan Umum Depdiknas di Senayan, Perpus Kedubes Jepang di gedung Summitmas, Perpus KWA UI, Aminef. Kangen ame kampus tercinta, IKIP Jakarta atau UNJ. Kangen ame pameran inacraft atau pameran buku di JHCC, "pameran buku" di Kwitang. Kangen ame tempat jajan favorit: soto di UIN, bakso di Sawangan, es campur Pak De ame pecel lele di kantin Blok M di IKIP, Mie Ayam Gang Kelinci di Pasar Baru dan di Baji Pa Mai di Kelapa Gading, bubur ayam Sukabumi di Ciputat, ayam kremes Bu Condro di Cireundeu, dll. Wah, kenjeun benjeut lah pokoknye!


Tapi, hikmah dari kesusahan aye, gede banget pengaruhnye ame proses kedewasaan aye. Mungkin, emang begitu ye rasa yang dialamin oleh setiap perantau. Dan yang paling penting banget nih, rasa sayang dan cinta ame Yang Kuasa makin gede, makin deket, makin ngerti, apa yang udah ALLAH SWT kehendakin, kepada khususnye diri aye. Aye makin ngerti ame hub antara Tuhan ame manusianye. Pokoknye makin segala-galanye dah. Mudah-mudahan pengertian ame keikhlasan aye tetep dijaga ame ALLAH, SWT. Amiiiin....